Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini

Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini - Hallo sahabat Duta Lovebird , Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel berita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini
link : Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini

Jangan Lupa Baca Juga :


Tentang Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini

Tags: Cara agar burung lovebird tidak stres / macet bunyi, Penyebab lovebird macet bunyi / stres, Cara menangani burung lovebird stres / macet bunyi, Penyebab lovebird stres / macet bunyi

Bagi pecinta burung ini, lovebird merupakan salah satu burung yang bisa anda nikmati dengan cara 2 cara, yang pertama burung lovebird bisa di ajak bermain, kedua, dinikmati suaranya, apalagi jika lovebird anda sudah terbiasa mengeluarkan durasi ngekeknya yang panjang.

Bagi pencinta lomba, lovebird yang memiliki volume suara keras dengan durasi yang panjang adalah tujuan mereka untuk memelihara burung ini, ada sebuah kepuasan tersendiri karena untuk menjadikan lovebird seperti itu tidaklah mudah, dibutuhkan pelatihan yang konsisten dan juga membutuhkan waktu yang sangat lama.

Akan sia – sia rasanya jika lovebird yang kita rawat selama ini tidak mampu memiliki karakter suara yang di inginkan, apalagi jika mendadak lovebird tidak ngoceh padahal sebelumnya lovebird kita sering berkicau.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan lovebird kita gagal diprospek atau mendadak diam, dibawah ini penulis akan menjelaskan beberapa penyebab yang menjadikan lovebird kita malas ngekek.


Foto Lovebird Ngekek 01 

Penyebab lovebird macet bunyi
1. Buruknya perawatan - Lovebird yang tidak dapat memiliki karakter suara yang baik kemungkinan karena pemilik hanya memberikan perawatan standar, padahal untuk melakukan settingan burung apapun pemilik perlu memberikan perawatan yang istimewa. Lovebird yang bagus mempunyai karakter ngekek seperti kebanyakan lovebird lomba oleh karena itu perawatan extra sejak dini memang diperlukan lovebird.

2. Pakan sekedarnya - Setiap jenis pakan seperti biji – bijian, kangkung dan jagung memiliki khasiat untuk menunjang performa lovebird, walaupun ada satu atau dua orang yang mengatakan lovebird mereka tetap moncer walau hanya diberikan pakan yang itu itu saja tanpa variasi pakan lain. 


Setiap komposisi yang ada di kemasan banyak produk pabrikan memang harus ada fungsinya, manfaat kangkung dan kuaci untuk meningkatkan birahi, fungsi rapeseeds yang mengandung omega 3 berfungsi sebagai penambah daya ingat lovebird saat di masterkan, poppyseed sebagai pemacu lovebird tetap tenang walaupun dalam kondisi stress, dll. Pengetahuan tentang pakan yang diberikan kepada lovebird memang penting untuk kita cari tau.

3. Tubuh tidak proposional - Lovebird yang malas bunyi bisa juga disebabkan karena bobot kegemukan sehingga lovebird terlihat malas berbunyi lebih sering tidur atau kekurusan sehingga kondisi mereka terlalu lemas untuk melakukan aktifitas berkicau.

 
Foto Lovebird Proposional

4. Macet karena mabung - Kondisi mabung adalah saat dimana burung seperti tidak punya jati diri karena bulunya hilang, bulu merupakan daya tarik seekor burung, oleh karena itu kebanyakan burung akan berhenti berbunyi selama masa mabung. Wajar jika lovebird akan menyendiri pada saat masa mabung karena seperti itulah tingkah mereka dialam liar. 

Lovebird memerlukan stamina extra untuk merontokan bulunya dan menumbuhkannya kembali, jadi tugas kita hanyalah memastikan pakan mereka baik, jangan dipaksakan mereka untuk berkicau seperti biasanya karena hal tersebut malah akan membuat kondisi burung makin turun.

5. Birahi - Lovebird memerlukan settingan birahi yang pas, karena jika kondisi birahi terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan lovebird kurang maksimal dalam mengeluarkan suara dan  durasi ngekeknya. 


Jika lovebird anda baru saja dikawinkan maka birahi lovebird akan menurun makanya anda perlu memberikan pakan yang bisa mengangkat birahi mereka normal kembali, begitu juga jika anda memperhatikan lovebird yang terlalu over birahi maka anda harus menurunkan kondisi birahi burung untuk kembali normal. 

6. Lovebird sakit - Burung yang sehat adalah cikal bakal burung yang ngoceh mulu, memang anda perlu memperhatikan kondisi mereka tetap prima karena itu mutlak perlu dimiliki semua burung agar performa mereka tetap bagus.

7. Lovebird stress - Burung yang stress akan berakibat fatal terhadap semua aktifitasnya, mereka yang sudah jinak bisa tiba-tiba menjadi liar, burung yang memiliki mental bagus bisa mendadak menjadi pemalu. Kondisi ini membuat lovebird yang sebelumnya sering juara menjadi diam, penyebabnya bisa 


karena lingkungan yang membuatnya merasa tidak nyaman, banyak binatang pengganggu seperti kucing, anjing dan tikus, lovebird sebenarnya merupakan burung yang sering berkoloni jadi lovebird sangat membutuhkan “teman” atau “kekasih” jika burung anda terbiasa sendiri kemungkinan akan merasa “kesepian” dan dapat menyebabkan lovebird anda menjadi stress, atau bisa juga dikarenakan lovebird anda membutuhkan adaptasi dengan sangkar barunya. 

Gejala lovebird yang stress bisa terlihat seperti lovebird yang suka menyakiti dirinya sendiri, contohnya mencabuti bulu.

Jadi. apapun yang menyebabkan lovebird anda macet berbunyi kemungkinan bisa di atasi dengan melakukan perawatan rutin yang baik, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.




Demikianlah Artikel Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini

Demikianlah artikel Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lovebird Macet Bunyi / Stress Diatasi Dengan Cara Ini dengan alamat link https://dutalovebird85.blogspot.com/2016/07/7-penyebab-umum-lovebird-macet-bunyi.html